Saturday, August 31, 2013

Cara Menambahkan dan Install Bahasa Indonesia di BlackBerry

Leave a Comment
Disini saya mencoba share Cara Menambahkan dan Install Bahasa Indonesia di BlackBerry secara lengkap untuk anda praktekan karena sudah saya coba dengan sukses tanpa problem. Saya sendiri pengguna BB Curve Orlando baru genap 1bulan tapi pusing dengan bahasa yang disajikan karena di BB Orlando ini hanya disediakan Bahasa English saja. Tidak sengaja saya menemukan Artikel yang memuat topik tentang problem yang sedang saya cari, banyak tips dan trik yang menyajikan cara menginstal Bahasa Indonesia Di Blackberry tapi alhasil BB saya jadi aneh, BB yang ngedadak cepat panas, ngehang dan setiap membuka Setup malah kembali ke Homescreen. Secara default, BlackBerry Smartphone tidak disediakan Bahasa Indonesia, hal ini dikarenakan Smartphone BB memang buatan Kanada yang tentunya bahasa wajibnya adalah bahasa inggris. Karena itu anda perlu mendownload Bahasa Indonesia untuk BB yang kemudian harus anda install sendiri di Smartphone BlackBerry anda masing-masing.

Sebelum memulai untuk menginstall dan menambah Bahasa Indonesia di BlackBerry Smartphone anda masing-masing, tentunya anda membutuhkan file Bahasa Indonesia tersebut, silahkan anda download file Bahasa Indonesia untuk OS 4, 5, 6 dan 7 dibawah ini :

BlackBerry OS 4

BlackBerry OS 5

BlackBerry OS 6

BlackBerry OS 7

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :
  1. Setelah mendownload Bahasa Indonesia diatas. Selanjutnya buka file tersebut dan lakukan Ekstrak  file.rar (Klik kanan Extract Here
  2. Kemudian langsung sambungkan BlackBerry ke PC menggunakan kabel USB. 
  3. Setelah BlackBerry anda terbaca oleh PC, copy hasil extract file Bahasa Indonesia tadi ke Folder File BlackBerry anda. 
  4. Selanjutnya klik file yang berekstensi .CMD/bi.bat. Tunggu ±1-2 menit hingga proses selesai.
  5. Jika berhasil Restart BB anda, lalu pilih Setup pada homescreen.

  6. Pilih Language and Input Methods.

  7. Pada Display Languages anda pilih Display Language, rubah menjadi Bahasa Indonesia.


  8. Tekan tombol logo BB,  pilih Save.

Sangat mudah bukan??. Dengan cara ini anda tidak perlu menginstall blackberry desktop manager di PC anda dan tidak perlu melakukan install ulang OS BlackBerry. Silahkan anda praktekan sendiri di Smartphone BlackBerry anda.

Selamat Mencoba!

0 comments:

Post a Comment